Sejarah Perusahaan
Diposting tanggal: 23 Oktober 2012

Sejarah Pendirian

  • 1979
    • Berdiri dengan nama CV Phonix Mas yang bergerak dalam bidang perdagangan hasil bumi dan kelautan
    • CV Phonix Mas mengawali perdagangan dari perdagangan lokal antar pulau yang terus berkembang

     

  • 1989
    • CV Phonix Mas mulai melaksanakan kegiatan ekspor untuk setiap produk-produknya
    • Mulai dilaksanakan pembangunan pabrik pengolahan kacang mete

     

  • 1993
    • Pendirian PT. Golden Phoenix sebagai induk dari CV Phoniex Mas berdasarkan akta No. 096
    • PT. Golden Phoenix bergerak di bidang pengolahan rumput lau menjadi karaginan (tepung rumput laut)

     

  • 1996
    • Perubahan nama PT. Golden Phoenix menjadi PT. Wahana Yuda Mandiri

     

  • 2000
    • Perubahan nama PT. Wahana Yuda Mandiri menjadi PT. Wahana Phonix Mandiri berdasarkan akta No. 44 tanggal 31 Januari 2000 di hadapan notaris Yonsah Minanda, SH

     

  • 2001
    • Pencatatan saham PT. Wahana Phonix Mandiri dalam Bursa Efek Indonesia dengan penawaran saham perdana atas 200.000.000 (dua ratus juta) lembar dengan nominal Rp 100,- (seratus rupiah) per saham dengan harga penawaran Rp 175,- (seratus tujuh puluh lima rupiah) per lembar

     

  • 2011
    • PT. Wahana Phonix Mandiri melaksanakan ekspansi usaha dengan pembelian aset tetap berupa pabrik pengolahan permen milik PT. Inasentra Unisatya yang berada di Bogor Jawa Barat
    • PT. Wahana Phonix Mandiri melaksanakan divestasi (penjualan) saham pada anak usahanya (PT. Phonix Mas Persada) untuk memperbaiki struktur keuangan
    • Pada tanggal 31 Desember 2011 menjadi perusahaan independen dengan kantor pusat di Gedung Bumi Mandiri Tower II Lt. 4 R 406-407 Jl. Panglima Sudirman 66 – 68 Surabaya

     

  • 2012
    • Perubahan nama PT. Wahana Phonix Mandiri menjadi PT. Wahana Pronatural, Tbk berdasarkan RUPS dengan beberapa pertimbangan, sebagai berikut :
  1. Perlunya penyesuaian nama perseroan dengan core bisnis yaitu dalam bidang Agrobisnis hasil bumi dan kelautan sehingga dapat mencerminkan bidang usaha dari Perseroan.
  2. Menumbuhkan semangat baru bagi investor, rekanan bisnis dan seluruh karyawan.
  3. Membentuk image baru yang lebih baik bagi investor, perbankan serta pihak ketiga lainnya untuk selanjutnya dapat bersama-sama membawa Perseroan ke arah yang lebih baik.